Jumat, 04 Januari 2008

Brith of indonesian Grapich Design

Apa itu DKV?

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah bidang ilmu yang mempelajari konsepsi komunikasi khususnya meramu pesan-pesan kreatif untuk tujuan sosial atau komersial. Pada prinsipnya DKV adalah strategi perancangan untuk menyampaikan pola pikir dari panyampai pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual seperti ilustrasi, huruf, warna, garis yang komunikatif, efektif, efisien dan tepat, dan selalu berpijak pada nilai-nilai estetis, melalui media tertentu sehingga dapat mengubah sikap positif sasaran.

Program studi DKV – UNIKOM bertujuan memberi bekal ilmu dan pengembangan kemampuan untuk menjadi calon professional di bidangnya, sehingga mahasiswa mengenal DKV sebagai Dasar Perancangan/Desain dan Strategi Komunikasi, mengenai Desain Grafis (DKV) sebagai Pengolah Visual Data Informasi, mengenal prinsip cetak manual dan digital, proses teknologi informatika dan system informasi manajemen, serta mampu memahami media baru seperti Mix Media Animasi Audio Visual, Mix Media + Interaktif seperti Multimedia Offline (CD Presentasi) dan Online (Web/Homepage).

Lulusan Desain Komunikasi Visual UNIKOM disiapkan untuk bisa menduduki posisi-posisi strategis pada perusahaan-perusahaan besar baik dalam negeri maupun luar negeri pada bidang-bidang : Media Penerbitan dan Percetakan, Penyiaran (televise, Koran, tabloid, majalah, dsb), Advertising/periklanan, Desain Grafis, Packaging/kemasan, Production House/’rumah produksi, Portal-portal/situs-situs Internet, Perfilman. Adapun jabatan-jabatan yang bias diduduki oleh lulusan Desain Komunikasi Visual UNIKOM adalah : Sutradara, Creative Director, Art Director, Designer, Copywriter, Illustrator, Kartunis, Animator.
Prospek di DKV

Prospek Desain Komunikasi Visual pada tahun-tahun mendatang tampak lebih cerah dengan fenomena kenaikan belanja iklan tiga tahun terakhir dan kebebasan pers yang memicu kelahiran banyak media cetak dan mendia elektronik seperti televise. Sehingga profesi ini akan semakin dibutuhkan oleh pasar.
Era Informasi teknologi nampaknya akan menjadi orientasi dan tantangan baru bagi para lulusan DKV. Kenyataan tersebut membuka peluang yang selebar-lebarnya bagi para desainer komunikasi visual untuk terjun kedunia profesi dengan bekal yang telah diperolehnya. Lulusan Desain Komunikasi Visual UNIKOM disiapkan untuk bias menduduki posisi-posisi strategis pada perusahaan-perusahaan besar baik dalam negeni maupun luar negeri pada bidang-bidang :

Media Penerbitan dan percetakan, penyiaran (Televisi, Koran, tabloid, majalah, dsb)
Advertising/periklanan
Desain Grafis, Packaging/Kemasan
Production House/rumah produksi
Portal-portal/situs-situs Internet
Perfilman

Adapun jabatan-jabatan yang bias didududki oleh lulusan Desain Komunikasi Visual UNIKOM adalah: Media Penerbitan dan Percetakan, Penyiaran (televise, Koran, tabloid, majalah, dsb), Advertising/periklanan, Desain Grafis, Packaging/kemasan, Production House/’rumah produksi, Portal-portal/situs-situs Internet, Perfilman. Adapun jabatan-jabatan yang bias diduduki oleh lulusan Desain Komunikasi Visual UNIKOM adalah : Sutradara, Creative Director, Art Director, Designer, Copywriter, Illustrator, Kartunis, Animator.

Prospek Desain Komunikasi Visual pada tahun-tahun mendatang tampak lebih cerah dengan fenomena kenaikan belanja iklan tiga tahun terakhir dan kebebasan pers yang memicu kelahiran banyak media cetak dan mendia elektronik seperti televisi. Sehingga profesi ini akan semakin dibutuhkan oleh pasar.

Dengan berbagai latar belakang itulah Desain Komunikasi Visual UNIKOM sebagai wadah penggodokan calon-calon desainer dituntut untuk menciptakan desainer-desainer yang berkualitas sehingga dapat bersaing dengan desainer lain.

Tidak ada komentar:

"Full Circle"

"Full Circle"
design by Patrick Auletto,

"Lady Sovereign"

"Lady Sovereign"
design by Delphine Ettinger,

"Tamer of the Mediums"

"Tamer of the Mediums"
design by Miika Kumpulainen,